Mataram –Rabu (10/2/2021), SMAN 2 Mataram secara seremonial meresmikan gedung musala terbaru sebagai bentuk pembaruan dan peningkatan fasilitas yang dilakukan oleh pihak sekolah. Peresmian gedung ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud ) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd dan didampingi Bapak Ismail M. Pd. selaku Kepala SMAN 2 Mataram. Peresmian ini menghadirkan beberapa civitas pendidikan dalam jumlah terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

Acara dibuka dengan pembacaan kalam ilahi dan selawat oleh perwakilan siswa ekstrakurikuler FSII (Forum Studi Islam Intensif). Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB dan Kepala SMAN 2 Mataram. Dalam pidatonya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa musala yang baru diresmikan di lantai 2  ini, dirancang untuk menampung kapasitas jemaah lebih banyak agar kegiatan ibadah secara berjamaah dapat dilaksanakan secara maksimal. Gedung musala lama, yang berada tepat di bawahnya, akan dialihfungsikan menjadi perpustakaan dengan beberapa perubahan fungsi ruangan. Diharapkan melalui pembaruan ini dapat meningkatkan semangat dan kualitas beribadah warga sekolah sesuai dengan salah satu kriteria unggul SMAN 2 Mataram, yaitu religius.

Bersamaan dengan peresmian gedung musala yang baru, SMAN 2 Mataram juga merilis salah satu fitur peningkatan era baru, yaitu program “Perpustakaan Digital SMANDA”. Perpustakaan digital ini adalah langkah awal sekolah untuk memulai praktik pendidikan digital yang sudah mulai diterapkan dan dilaksanakan oleh beberapa sekolah yang memiliki sarana cukup memadai. Kegiatan ini dilaksanakan di dalam ruang rapat SMAN 2 Mataram dengan dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Bahasa dan kepala SMA se-Kota Mataram. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat, kembali didaulatkan meresmikan program perpustakaan digital ini.

SMAN 2 Mataram adalah pelopor dan penggagas realisasi perpustakaan online (dalam jaringan) ini. Program ini adalah program lanjutan dalam agenda eskalasi frekuensi membaca atau “Agenda Literasi” yang dilaksanakan di SMAN 2 Mataram. Kegiatan sebelumnya yang sehaluan dengan itu, adalah pelaksanaan “Liga Literasi SMANDA” pada bulan Desember lalu. Kedua kegiatan ini bertujuan mengaktualisasikan pembiasaan dan peningkatan animo membaca di lingkungan  sekolah. Tata cara penggunaan  fitur terbaru ini akan dipublikasikan oleh tim manajemen sekolah agar seluruh warga sekolah siap untuk mengimplementasikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *