SEMARAK RAMADHAN 1445 H DI SMANDA

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia. Ramadhan penuh keberkahan sehingga kedatangannya selalu ditunggu-tunggu seluruh umat Islam yang bertaqwa. Umat Islam yang berpuasa di bulan Ramadhan dipastikan mendapat banyak keberkahan. Oleh karena itulah, keluarga besar SMAN 2 Mataram setiap tahun menyemarakkan bulan Ramadhan di tengah kesibukan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tahun ini, 1445 H yang bertepatan dengan tahun 2024 M, melalaui panitia yang dibentuk oleh Kepala SMAN 2 Mataram, Abdul Kadir Alaydrus, S.P.,M.Pd., Smanda Mataran mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan.

  1. Imtaq Pagi

Kegiatan Imtaq Pagi dilaksanakan selama 30 menit yakni dari pukul 07.30 – 08.00 atau 30 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Dalam imtaq pagi ini ada tiga rangkaian acara yakni: (1) pembacaan ayat suci Al-Qur’an secara bersama-sama yang dipandu dari ruang kontrol, (2) pembacaan terjemahan dari ayat –ayat yang sudah dibacakan, dan (3) penyampaiak kultum atau nasihat-nasihat agama. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilakukan dan dipandu oleh siswa, terjemahannya juga dibaca oleh siswa, sedangkan kultum disampaikan secara bergilir oleh Bapak dan Ibu guru.

Siswa yang nonmuslim juga melaksanakan imtaq dibimbing dan didampingi oleh guru agama masing-masing.

  1. Buka Puasa Bersama

Kegiatan Buka Puasa Bersama dilaksanakan beberapa kali. Buka puasa bersama keluarga besar dilaksanakan 17 Ramadhan 1445 H atau  27 Maret 2024. Pada tahun ini acara buka puasa bersama menjadi lebih berkesan karena juga diikuti oleh 22 siswa dan 4 guru Cristian College Geelong (CCG), Negara Bagian Victoria, Australia, yang sedang mengadakan Kunjungan Singkat selama sepekan di SMAN 2 Mataram. Kegiatan kunjungan ini merupakan realisasi kerja sama SMAN 2 Mataran bersama CCG yang sudah berlangsung selama 30 tahun.

Kegiatan buka bersama lainnya dilaksanakan oleh masing-masing ekskul SMAN 2 Mataram.

  1. Peringatan Nuzulul Qur’an

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan tanggal 17 Ramadhan 1445 H. Peringatan ini diisi dengan acara pokok yakni uraian hikmah Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh TGH. Muharrar Iqbal, M.A. Acara dihadiri semua komponen keluarga besar Smanda.

  1. Pengumpulan dan Pembagian Zakat Fitrah

Melalui aktivitas siswa-siswa ekskul FSII (Forum Studi Islam Intensif) Smanda melakukan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah. Kegiatan didampingi semua guru Agama Islam. Pengumpulan dilakukan dari guru maupun siswa, sedangkan penyaluran dilaksanakn dengan sasaran siswa-siswa Smanda (yang mendapat KIP dan PKH) serta masyakat yang berhak menerima yang tinggal sekitar sekolah, yakni di 4 lingkungan sekitar Kekalik.

  1. Pembagian Takjil Gratis

Kegiatan Pembagian Takjil Gratis dilakukan beberapa kali. Kegiatan besar dikoordinasikan dan dilaksanakan oleh Pengurus Darma Wanita SMAN 2 Mataram, sedangakn pembagaian takjil lainnya dilaksanakan oleh beberapa ekskulk Smanda.

  1. Halal Bihalal

Kegiatan hala bihala Keluarga Besar Smanda direncanakan saat hariu pertama masuk sekolah pascalbur idul fitri 1445 H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *